Hidup Adalah Pilihan Tetapi Bukan Pilihan

Hidup Adalah Pilihan Tetapi Bukan Pilihan
Share
Pendidikan yang sama tidak selalu menghasilkan prestasi yang sama bagi para muridnya. Selalu ada murid yang lebih pintar di samping yang sulit menerima pelajarannya. Peluang yang sama tidak akan menghasilkan sukses yang sama. Ada saja mereka yang cepat dan efektif memanfaatkannya hingga meraih sukses luar biasa, tetapi ada juga yang hasilnya biasa-biasa saja, bahkan ada yang sama sekali tidak bisa menangkap atau menemukan peluang itu.

Begitu pun saat menghadapi cobaan. Seseorang mungkin bisa menerimanya dengan mudah, lalu melupakannya, belajar lebih tekun lagi, berusaha lebih keras lagi untuk merintis hidup baru agar masa depannya lebih baik. Tetapi orang lain justru sebaliknya. Ia merasa cobaan itu begitu memukulnya hingga ia sulit berdiri dan bahkan tak bisa atau tak berani melangkah lebih jauh.

Sebenarnya, reaksi seseorang terhadap kondisi yang tidak menguntungkan itu adalah pilihan. Ia bisa menerimanya sebagai pukulan, bisa sebagai tantangan, bahkan bisa pula menganggapnya sebagai peluang. Nah, apa yang akan kita lakukan jika menghadapi keadaan seperti itu?

Ya. Hidup adalah pilihan, terlalu banyak yang bisa dipilih sesuai keinginan kita. Nafsu . Manusia senantiasa berfoya-foya dengan berbagai jalan hidup yang ingin ia tempuh. Selalu saja ada alasan untuk melonggarkan diri dari tuntunan Tuhan.

Jika manusia masih bertahan sebagai salah satu penduduk bumi, itu artinya kita telah lolos kualifikasi dan dianggap mampu  memakmurkan bumi oleh Tuhan. Jangan pernah mengkhianati kepercayaanNya ini dengan berlaku semena-mena baik terhadap diri sendiri, orang lain, maupun alam tempat tinggal kita. Jangan pernah mengecewakannya. Ditambah lagi, hidup ini bukan main-main. Allah sendiri yang mengatakan di Al-Qur’an :

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? (QS. Al-Mu’minun : 115)
Sumber :
http://matasalman.com/hidup-bukan-pilihan/
https://www.facebook.com/notes/andrie-wongso/hidup-adalah-pilihan/10150582210969160

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel