Ramadhan, Bulan Turunnya Semua Kitab Suci Allah

Ramadhan, Bulan Turunnya Semua Kitab Suci Allah
Share
Ramadhan adalah bulan yang memang penuh berkah untuk seluruh umat Muslim. Amal shalih yang dilakukan didalamnya akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT dan dosanya yang lalu akan diampuni. 
“Man shama Ramadhana iman[an] wa ihtisab[an] ghufira lahu ma taqaddama min dzanbihi.” (Siapa saja yang berpuasa di bulan Ramadhan, dengan penuh keimanan dan ikhlas semata karena Allah, maka semua dosanya yang lalu pasti diampuni oleh Allah). 
(HR Bukhari-Muslim dari Abu Hurairah)
Banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan. Mulai dari perang Badar, perang Tabuk, penaklukan kota Makkah, penaklukan bangsa Mongol di Asia Tengah, penaklukan kota Asqalan, peristiwa Abour (Mesir mengalahkan Israel), hingga serangan Israel ke wilayah Gaza pada Ramadhan tahun ini. Bahkan, semua kitab suci Allah; Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an juga diturunkan di bulan yang istimewa ini. 

“Shuhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan. Taurat diturunkan pada hari keenam Ramadhan. Injil diturunkan pada tanggal tiga belas Ramadhan. Zabur diturunkan pada tanggal delapan belas Ramadhan. Dan Al Qur`an diturunkan pada tanggal dua puluh empat Ramadhan.”

Hadits ini diriwayatkan Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad Ath Thabarani Al Lakhami rahimahullah (w. 360 H) dari Ali bin Abdil Aziz dari Abdullah bin Raja` dari Imran Al Qaththan dari Qatadah bin Di’amah dari Abul Malih bin Usamah dari Watsilah bin Al Asqa’ Radhiyallahu ‘Anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.(Al Mu’jam Al Awsath, Bab Al ‘Ain, Man Ismuhu ‘Aliy, hadits nomor 3882). Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah (1575) dan Shahih Al Jami’ Ash Shaghir (2377). 

Nuzulul Quran yang selama ini sering diperingati pada 17 Ramadhan merupakan hal yang kurang tepat karena hadits yang mendasarinya adalah hadits dhoif atau lemah. Menurut hadits diatas, Al Quran sebagai kitab suci dan pedoman hidup umat Islam ini diturunkan pada tanggal dua puluh empat Ramadhan. Hal ini juga dijelaskan oleh Allah dalam Al Quran. 

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan bagi petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)."
(TQS al-Baqarah [2]: 185)

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel