Perintah Allah : Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Perintah Allah : Berbuat Baik Kepada Orang Tua
Share
Berbuat baik kepada orang tua atau birrul waalidain dengan berbakti memenuhi hak-haknya dan menaati perintah keduanya yang tidak melanggar syariat adalah sebuah kewajiban bagi setiap anak. Hal ini telah Allah wasiatkan dalam Al Qur’an. 
“Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah engkau mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku akan kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. 
[QS. Al-Ankabut/ 29: 8] 
Imam An-Nawaawi menjelaskan, “Arti birrul waalidain yaitu berbuat baik terhadap kedua orang tua, bersikap baik kepada keduanya, melakukan berbagai hal yang dapat membuat mereka bergembira, serta berbuat baik kepada teman-teman mereka.” 

birrul walidain begitu penting sehingga perintah tersebut datang setelah proses penghambaan kepada Allah dan keridhoan orang tua dapat menghantarkan sang anak kedalam surga-Nya. 
“Ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan”
(QS. Al-Ahqaf: 15) 
“Barang siapa yang menajalani pagi harinya dalam keridhoan orang tuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju syurga. Barang siapa yang menjalani sore keridhoan orang tuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju syurga. Dan barang siapa menjalani pagi harinya dalam kemurkaan orangtuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju neraka. Dan barang siapa menjalani sore harinya dalam kemurkaan orangtuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju neraka ”.
(HR. Darul Qutni dan Baihaqi) 

Al-Quran memberikan pengkhususan dalam birrul walidain ini saat kondisi orang tua sudah renta, yaitu: 
1. Jangan mengatakan kata uffin (ah) 
2. Jangan membentak 
3. Ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. 
4. Rendahkanlah dirimu terhadap mereka dengan penuh kesayangan 
5. Dan do’akanlah mereka. Kata uffin dalam bahsa Arab berati ar-rafdu (menolak).

syukron. :)

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel