Bulan Istimewa Akan Datang Lagi

Bulan Istimewa Akan Datang Lagi
Share

Tujuh hari lagi Ramadhan akan tiba. Bulan istimewa yang penuh keberkahan, ampunan dan kasih sayang yang sangat dinanti dengan kebahagiaan oleh umat Islam dari seluruh penjuru dunia. 
“Ketika datang malam pertama dari bulan Ramadhan seluruh setan dibelenggu, dan seluruh jin diikat. Semua pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang terbuka. Semua pintu surga dibuka hingga tidak ada satu pun pintu yang tertutup. Lalu tiap malam datang seorang yang menyeru: “Wahai orang yang mencari kebaikan kemarilah; wahai orang yang mencari keburukan menyingkirlah. Hanya Allah lah yang bisa menyelamatkan dari api neraka”.
(HR. Tirmidzi)
Di bulan ini, semua umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh kecuali mereka yang sedang sakit dan bepergian jauh boleh menggantinya di lain waktu.
"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa padanya. Di bulan itu, dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang terhalangi dari kebaikan yang ada padanya, berarti ia benar-benar terhalangi dari kebaikan." 
(Hadits shahih, riwayat Ahmad dan An-Nasai, dari Abi Hurairah)
Selain itu, di bulan Ramadhan disunnahkan untuk melakukan banyak amalan untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

1. Shalat tarawih.
“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
 (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)
Makna qiyam Ramadhan yang dimaksud adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi.

2. Bersedekah.
“Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan”
(HR. Tirmidzi)
Selain itu, umat Islam diwajibkan melakukan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa sebulan penuh kecuali kepada mereka yang benar-benar tidak mampu secara ekonomi.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Maka barangsiapa yang mengeluarkannya sebelum shalat 'Ied, maka ia zakat yang diterima. Dan barangsiapa yang mengeluarkannya sesudah shalat, maka ia menjadi sedekah biasa."
(HR. Ibnu Majah dan Abu Dawud)

Namun, bulan Ramadhan tahun ini masih menjadi derita sebagian umat Islam di negara-negara konflik seperti Palestina (jalur gaza) dan Suriah. Di bulan yang mulia ini, warga Palestina (jalur gaza) dan Suriah hanya bisa berharap untuk dapat menjalankan puasa Ramadhan sebaik mungkin di tengah hujan bom, peluru & terror dari Zionis dan tentara Assad. Tidak mudah bagi mereka dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Begitu beratnya menemukan makanan untuk sahur dan berbuka.

Mari bantu keluarga dan saudara Muslim Palestina (jalur gaza) dan Suriah agar mereka juga merasakan berkah di bulan Ramadhan. Semoga Allah melindungi dan memberikan kasih sayang di bulan yang mulia ini. Amin. 

syukron. :)

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel