Perumahan Adat Sillanan, Aset Kuno Potensi Wisata

Perumahan Adat Sillanan, Aset Kuno Potensi Wisata
Share

Rumah adat Toraja (sumber : facebook.com)

Pariwisata pada hakikatnya adalah kebutuhan naluri manusia, karena setiap manusia selalu mempunyai minat untuk mengetahui sesuatu, memiliki dorongan untuk ingin tahu, melihat kenyataan secara lebih luas, menemukan dan menyelidiki. Pariwisata juga telah menjadi salah satu industri terbesar di dunia dan merupakan andalan utama dalam menghasilkan devisa di berbagai negara.
Menurut United Nation's World Tourism Organization (UNWTO), pada tahun 2012, tercatat kunjungan 705 juta wisatawan dunia. Destinasi wisata terpopuler ada di Eropa. Negara-negara yang menjadi tujuan wisata tertinggi adalah Prancis, Amerika Serikat dan China. Adanya China sebagai salah satu objek wisata terfavorit yang banyak dikunjungi membuktikan bahwa wilayah Asia memiliki potensi wisata yang diminati oleh banyak wisatawan mancanegara. Hal ini mendukung negara-negara Asia untuk terus mengembangkan industri pariwisata, salah satunya adalah Indonesia.
Data bulan Oktober 2012 dari Badan Pusat Statistik menunjukkan Jumlah kunjungan wisatawan  mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Oktober 2012 mencapai 688,3 ribu orang atau naik 4,93 persen dibandingkan jumlah wisman Oktober 2011, yang sebesar 656,0 ribu orang.
Sedangkan kunjungan wisatawan domestik dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan di berbagai tujuan wisata lokal di Indonesia. Indonesia memiliki sangat banyak potensi wisata di beberapa daerah dari 33 provinsi yang bisa terus dikembangkan untuk memajukan industri pariwisata di tanah air. Salah satu daerah yang memiliki daya tarik wisata adalah Toraja di Sulawesi Selatan. Toraja dikenal sebagai tanah para raja ini juga terkenal dengan adat istiadat yang masih sangat kental.

Lihat Peta Lebih Besar

Toraja dapat dijangkau oleh wisatawan melalui jalur udara dan darat. Tana Toraja memiliki lapangan terbang yang di sebut bandara Pongtiku terletak di Desa Rantetayo. Jika Anda menggunakan pesawat dari Makassar, umumnya akan memakan waktu sekitar 55 menit.
Sedangkan untuk jalur darat umumnya di lalui dengan menggunakan bus antar kota. Meski dengan jarak tempuh 6-7 jam lamanya namun kondisi jalan umumnya baik, anda akan di manjakan dengan panorama indah di sepanjang perjalanan. Tiket bus dapat di beli di kantor operasional, di terminal dan perwakilan-perwakilan bus itu sendiri yang banyak mudah di jangkau di kota Makassar. Bus akan berhenti satu sampai dua kali di beberapa restoran atau rumah makan di sepanjang perjalanan. Bus biasanya mulai berangkat pukul 07:00 WITA hingga pukul 22:00 WITA dari terminal Daya Makassar.

Bandara Pongtiku (sumber : bisnis-kti.com)
Banyak tempat menarik di Toraja yang memiliki ciri khas yang berbeda. Objek wisata terkenal yang ada di Tana Toraja antara lain Tongkonan Tumbang Datu-Bebo, Panorama Buntu Burake, Air Terjun Sarambu Assing, Agro Pango-Pango, Wisata Sirope, Dinding Pahat Lemo, Perumahan Adat Sillanan, Pemandian Alam Tilangnga dan masih banyak yang lain. Dari beberapa tempat wisata tersebut yang paling unik adalah Perumahan Adat Sillanan.
Perumahan Adat Sillanan

Perumahan Adat Sillanan (sumber : baltyra.com)

Ø  Lokasi :
Lembang Sillanan, kecamatan Gandang Batu Sillanan, Tana Toraja.
Ø  Akses :
Objek wisata ini dapat diakses dengan menggunakan angkutan umum dari Kota Makale dengan tarif Rp. 6.000 sampai di Mebali kemudian dilanjutkan dengan kendaraan bermotor atau ojek dengan tarif Rp. 7000. Setelah sampai di titik perkampungan, pengunjung harus menempuh lagi dengan berjalan kaki karena harus menapaki anak tangga menuju ke tongkonan tua Sillanan.
            Perkampungan yang berusia 974 tahun ini juga dilengkapi objek wisata yang menarik yaitu Pangrante, Kuburon Kuno Erong, Simbuang Batu, Karopi, Sumur Adat, Mimmi, dan Benteng Pertahanan. Fasilitas penginapan juga terdapat di perkampungan ini, Tersedia homestay yang dapat menampung hingga 20 orang.
Nah setelah puas berwisata, kini saatnya melengkapi liburan dengan berburu oleh-oleh atau souvenir khas Toraja untuk kerabat di rumah.

Lovely December in Toraja
Berkunjung di bulan Desember ke tanah Toraja merupakan waktu yang tepat bagi wisatawan. Sejak empat tahun terakhir, pemerintah kabupaten dan provinsi Sulawesi Selatan membuat gerakan rindu Toraja melalui event Lovely December in Toraja. Di tahun 2012 ini, penyelenggara juga akan mengundang Presiden dan 33 Gubernur dari setiap provinsi di Indonesia.
Terdapat 16 event pariwisata yang dapat dinikamati oleh wisatawan diantaranya pementasan seni dan budaya, kontes kerbau, wisata alam, lomba memancing, lomba menangkap ikan, serta festival sungai yang baru digelar pertama kali.
Event terakhir yang telah dilaksanakan adalah lomba tangkap ikan di desa Makale pada tanggal 18 Desember kemarin. Ratusan warga menikmati acara rakyat tersebut dengan turun ke sawah yang telah disiapkan panitia untuk menangkap ikan tanpa menggunakan alat bantu.
Bupati Tanah Toraja, Theofilus Allorerung, SE yang didampingi beberapa pimpinan SKPD, Kejari Makale serta Ketua Pengadilan Negeri Makale larut menikmati lomba. Sementara peserta saling berebut untuk mendapatkan ikan yang ditukar berbagai hadiah menarik.
Jadi, tunggu apa lagi, ayo siapkan diri, kunjungi Tanah Toraja!

“Have Fun by joining Lovely December in Toraja”

1 Response to "Perumahan Adat Sillanan, Aset Kuno Potensi Wisata"

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel