Hal Sebelum, Selama dan Setelah Operasi Pembedahan

Hal Sebelum, Selama dan Setelah Operasi Pembedahan
Share
Sebelum pembedahan: Beberapa hari setelah biopsi, Anda akan tahu apakah Anda memiliki kanker, namun sejauh mana perkembangannya tidak akan diketahui sampai setelah operasi. Kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan dokter bedah Anda beberapa hari sebelum operasi untuk berbicara tentang apa yang akan terjadi. Anda akan diminta untuk mengisi sebuah formulir persetujuan yang memberikan izin dokter untuk melakukan operasi. Ini adalah saat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan apapun yang mungkin Anda miliki.

Anda mungkin diminta untuk menyumbangkan darah menjelang waktu, jika anda memerlukannya selama operasi. Dokter Anda juga akan bertanya kepadamu tentang obat-obatan, vitamin, atau suplemen yang kita pakai. Anda mungkin harus berhenti memakai beberapa jenis vitamin/supplemen seminggu atau 2 minggu sebelum operasi.

Anda juga akan bertemu dengan paramedis profesional yang akan memberikan Anda anestesi (obat untuk membuat Anda tidur dan tidak merasakan sakit) selama operasi Anda. Jenis anestesi yang digunakan tergantung pada jenis operasi yang dilakukan dan riwayat kesehatan Anda.

Pembedahan: Untuk operasi Anda, Anda mungkin memiliki opsi untuk rawat jalan atau dirawat di rumah sakit. Anestesi umum, biasanya diberikan untuk mastektomi atau pengangkatan kelenjar getah bening, dan yang paling sering digunakan juga untuk operasi konservasi payudara. Anda juga harus diinfus untuk memberikan obat-obatan yang mungkin diperlukan selama operasi. Anda akan terhubung ke sebuah elektrokardiogram (EKG) dan mesin memiliki tekanan darah pada manset lengan Anda, sehingga Anda irama jantung dan tekanan darah dapat diperiksa selama operasi.

Berapa lama operasi akan tergantung pada jenis operasi yang dilakukan. Sebagai contoh, mastektomi dengan pemindahan kelenjar getah bening akan mengambil waktu sekitar 2-3 jam. Setelah operasi, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan, di mana Anda akan tinggal sampai Anda terjaga dan tanda-tanda vital anda (tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan) yang stabil.

Sesudah Pembedahan: Berapa lama Anda tinggal di rumah sakit tergantung pada jenis operasi Anda jalani, keadaan kesehatan Anda secara keseluruhan, apakah Anda mempunyai masalah medis lainnya, seberapa baik Anda lakukan selama operasi, dan bagaimana Anda rasakan setelah operasi. Anda dan dokter Anda harus memutuskan berapa lama Anda harus tinggal di rumah sakit - bukan perusahaan asuransi Anda. Namun, penting untuk memeriksa pertanggungan asuransi Anda sebelum operasi.

Sebagai panduan, perempuan yang menjalani mastektomi biasanya tinggal di rumah sakit selama 1 atau 2 malam dan kemudian pulang. Tetapi beberapa perempuan mungkin ditempatkan dalam unit tinggal cepat (23 jam) sebelum pulang.

Operasi seperti lumpektomi dan biopsi kelenjar getah bening sentinel biasanya dilakukan secara rawat jalan tidak perlu menginap.

Setelah operasi, anda mungkin memiliki sebuah perban di atas lokasi operasi yang ketat membungkus sekitar dada Anda. Anda mungkin memiliki satu atau lebih tabung (mengalir) dari payudara atau daerah ketiak untuk mengangkat cairan yang terkumpul selama proses pemulihan. Prosesnya sekitar 1 atau 2 minggu. Setelah aliran tersebut menyusut hingga tinggal 1 ons perhari, tabung akan diangkat.

Kebanyakan dokter ingin Anda mulai menggerakkan tangan Anda segera setelah operasi sehingga tidak kaku. Banyak wanita yang menjalani lumpektomi atau mastektomi terkejut dengan minimnya rasa sakit yang mereka rasakan mdi daerah payudara. Tapi mereka kurang senang dengan rasa aneh (mati rasa, tertarik/tercubit) di daerah ketiak mereka.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang harus Anda lakukan setelah pembedahan untuk merawat diri sendiri. Anda harus mendapatkan instruksi tertulis yang akan memberitahu Anda hal-hal berikut:
  • Cara merawat dan menutup luka
  • Cara merawat saluran/tabung
  • Bagaimana mengetahui jika Anda memiliki infeksi
  • Kapan harus memanggil dokter atau perawat
  • Kapan saat mulai menggunakan lengan dan bagaimana latihan menggerakkan lengan untuk mencegah kekakuan
  • Kapan mulai memakai bra lagi
  • Kapan dan bagaimana memakai busa/penyangga payudara (disebut prosthesis)
  • Apa yang harus makan dan makanan yang tidak boleh
  • Obat-obatan yang diperlukan (termasuk obat nyeri dan mungkin antibiotik)
  • Apa kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
  • Perasaan Anda tentang bagaimana Anda melihatnya (payudara Anda)
  • Kapan harus menghubungi dokter Anda untuk pertemuan tindak lanjut

Kebanyakan pasien menemui dokter mereka sekitar 7 hingga 14 hari setelah operasi. Dokter Anda harus menjelaskan hasil laporan patologi Anda dan berbicara kepada Anda tentang apakah Anda akan memerlukan perawatan lebih.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel