'Supermoon' Mei Lebih Cemerlang dari Hujan Meteor Minggu Ini

'Supermoon' Mei Lebih Cemerlang dari Hujan Meteor Minggu Ini
Share
Bulan purnama terbesar tahun ini, yang disebut "supermoon," akan muncul ketika naik akhir pekan ini, dan dapat mengganggu puncak dari hujan meteor tahunan yang terbentuk oleh sisa dari komet Halley.

Supermoon Mei 2012 adalah bulan purnama terbesar dan akan terjadi pada Sabtu (5 Mei) jam 11:35 pm EDT (0335 Mei 6), meskipun bulan masih dapat muncul penuh di angkasa pada hari sebelum dan setelah hari terjadinya. Pada saat yang sama, hujan meteor Eta tahunan Aquarid akan mencapai puncaknya, para ilmuwan NASA mengatakan. "Sinarnya akan mencuci bersih Eta Aquarid meteor," kata NASA Bill Cooke meteor ahli dari Marshall Space Flight Center SPACE.com dalam email. Namun, Cooke mengatakan ada kemungkinan bahwa bola api terang dari tampilan meteor masih dapat terlihat.
Supermoon terjadi bila bulan memasukin fase penuh pada saat yang sama itu membuat pendekatan yang paling dekat dengan Bumi pada bulan tersebut, tonggak bulan dikenal sebagai perigee. Para ilmuwan juga mengacu pada kejadian sebagai "bulan perigee," menurut sebuah video NASA pada supermoon 2012.Itulah yang akan terjadi pada hari Sabtu, ketika bulan akan berayun dalam 221.802 mil (356.955 km) dari Bumi - pendekatan terdekat sepanjang tahun. Karena orbit bulan tidak persis melingkar, ada variasi 3-persen dalam pendekatan posisi terdekatnya dengan Bumi setiap bulan. Jarak Bumi-Bulan rata-rata sekitar 230.000 mil (384.400 km).Dengan bulan purnama Mei mengatur waktunya dengan perigee bulan, bisa muncul 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama lain dari 2012, astronom Tony Phillips menjelaskan dalam sebuah video NASA. Sama sekali tidak ada kesempatan supermoon akan mengancam Bumi.

Pada supermoon terakhir di Maret 2011. Pada saat itu, itu adalah bulan purnama terbesar dan paling terang dalam 18 tahun.
Sementara kecerahan ekstra bulan selama supermoon dapat mencuci beberapa
meteor Aquarid Eta redup , semua tidak hilang, kata Cooke.
"Kamera bola api kami telah mendeteksi empat yang cerah. Jadi saya akan mengatakan bahwa kemungkinan besar cukup baik bahwa orang dapat melihat sedikit dari Komet Halley selama beberapa hari berikutnya, jika mereka mau untuk meluangkan waktu untuk melihat," jelas Cooke. "Itu akan menjadi besar dan terang, lebih sedikit jumlahnya dengan tingkat hanya beberapa per jam, tetapi mereka akan berada di sana."Cooke mengantisipasi bahwa hujan meteor Eta Aquarid  2012 akan mencapai hingga 60 meteor per jam pada 5 Mei.
Layar eta Aquarid adalah satu dari dua hujan meteor yang teribuat oleh debu dari komet Halley (hujan Orionid di bulan Oktober adalah yang lain). Ini terjadi setiap bulan April dan Mei ketika Bumi melewati aliran puing membuang dengan komet Halley selama 76 tahun perjalanan mengelilingi matahari.Hujan meteor Eta Aquarid tahun 2012 benar-benar dimulai pada tanggal 19 April dan berakhir pada 28 Mei, namun puncaknya adalah pada periode semalam antara Sabtu dan Minggu (tanggal 5 Mei dan 6)." Pengamat Meteor di belahan bumi selatan mempunyai kesempatan terbaik untuk melihat adanya meteor," jelas penasihat NASA dari badan Laboratorium Propulsi Jet.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel