Jejak Chairul Saleh

Jejak Chairul Saleh
Share
Chairul Saleh Dt Paduko Rajo (September 13, 1916 - 8 Februari 1967) lahir di Sawahlunto, Sumatra Barat. Dia adalah seorang menteri pemerintah Indonesia dan wakil perdana menteri selama kepresidenan Sukarno. Dia adalah teman dekat Soekarno, yang telah membantu membujuk untuk menyatakan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Bersama Wikana, Sukarni dan pemuda lainnya dari Menteng 31, dia menculik Soekarno dan Hatta dalam Peristiwa Rengasdengklok agar kedua tokoh ini segera menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setelah kekalahan Jepang dari Sekutu pada tahun 1945.

Dia tinggal di Belanda dari 1952-1953, namun kembali ke Indonesia setelah diusir. Dia bergabung dengan lingkaran penasihat Sukarno pada tahun 1955. Alumni Universitas Bonn, Jerman ini, hanya membolehkan masuknya modal asing jika setuju dengan profit sharing.

Satu minggu sebelum kudeta yang gagal pada tanggal 30 September 1965, Saleh pergi ke China dengan delegasi dari 45 untuk merayakan hari nasional China pada tanggal 1 Oktober.
Pada saat peristiwa G30S telah berakhir, Chaerul Saleh ditahan oleh pemerintah Indonesia dan meninggal pada tahun 1967 dengan status tahanan. Tidak pernah ada penjelasan resmi dari pemerintah mengenai alasan penahanannya. Ia dimakamkan di Karet Bivak Pemakaman, Jakarta Pusat.


0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel