Batu Besar Bergerak Terbawa oleh Badai

Batu Besar Bergerak Terbawa oleh Badai
Share
Selama bertahun-tahun, ahli geologi telah bingung atas batu-batu misterius yang mengotori garis pantai terpencil Kepulauan Aran Irlandia . Ketika tidak ada orang yang mencari, entah bagaimana batuan besar bergerak sendiri.

Apa
mampu tak terlihat  banyak batu-batu berat dari tebing terjal di bawah ini merobek tangan  dan melemparkan mereka begitu jauh di daratan?

Sementara beberapa peneliti berpendapat bahwa hanya tsunami bisa mendorong batu-batu ini, penelitian baru di Journal of Geologi menemukan bahwa gelombang laut biasa lama, dengan bantuan dari beberapa badai yang kuat.

Ukuran batu-batu di kisaran formasi "dari hanya mengesankan untuk mind-bogglingly luar biasa," tulis geoscientist Rónadh Cox, yang memimpin penelitian dengan murid-muridnya dari Massachusetts 'Williams College.

Satu tim mempelajari beratnya yang diperkirakan 78 ton , namun masih dipotong bebas dari posisi 36 kaki (10 meter) di atas permukaan laut dan mendorong lebih jauh ke pedalaman.

Tim menggunakan dua metode untuk memakukan gelombang sebagai pelakunya. Mereka membandingkan tinggi modern ketinggian Foto dari garis pantai untuk satu set peta teliti dari 1839 yang mengidentifikasi lokasi pegunungan batu-batu '- hampir 100 tahun setelah tsunami terbaru melanda wilayah tersebut, yang melanda pada 1755.

Perbandingan menunjukkan bahwa batu-batu bergerak selama bertahun-tahun, beberapa di tingkat rata-rata hampir 10 kaki (3 meter) per dekade.

Selain itu, tim menggunakan radiokarbon untuk menentukan waktu ketika kerang kecil disekresikan di celah batu-batu 'telah dihilangkan dari laut, parameter yang menunjukkan kapan gelombang melepaskan batu-batu aneh ke darat. Beberapa muncul dalam 60 tahun terakhir.

"Ada kecenderungan untuk menghubungkan gerakan benda besar dengan tsunami," kata Cox. "Kami katakan dalam telepon, batu besar semakin digerakkan oleh gelombang badai.."

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel