Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Share
Proklamasi Berasal dari dua kata : Pro dan Klaim , kalo secara harfiah berarti di-'klaim' sendiri. Indonesi a telah merdeka untuk selamanya. Kemerdekaan Indonesia berarti bangsa Indonesia bebas mengatur dirinya sesuai dengan kehendak rakyat.

Memang secara yuridisnya, bangsa ini ketika merdeka ternyata bukan merdeka sesungguhnya, tetapi diklaim merdeka, atau dengan kata lain ngaku-ngakunya saja merdeka, karena menurut pengakuan dunia internasional saat itu , negeri yang sekarang disebut Republik Indonesia dan dulunya adalah Hindia Belanda (Nederland Indische) adalah bagian dari kerajaan Belanda.. Tetapi direbut oleh Jepang dalam perang dunia kedua.

Tapi pada pertengahan 1945, situasi perang berubah.. Jepang terdesak dan tak mungkin lagi melanjutkan peperangan. Saat itu, sekelompok anak muda pribumi idealis di Hindia Belanda yang diduduki Jepang melihat kesempatan untuk merdeka, karena saat itu kebetulan Jepang sudah terdesak sedangkan Belanda tidak ada lagi, jadi mereka mengklaim dirinya untuk merdeka.

Atau kasarnya dengan kata lain, anak-anak idealis itu yang sebenarnya hanya penonton diantara hingar bingar perang dunia kedua dengan clingak clinguk kemudian berteriak "Asyiikk, NGGAK ADA YANG NGEJAJAH !! AYO KITA MERDEKA!! MUMPUNG JEPANG UDAH KALAH!"

Dan dengan memaksa dua orang politikus muda bernama Ir. Soekarno dan Drs.Moh. Hatta, mereka mengklaim dirinya merdeka. INGAT! Mengklaim DIRINYA! PRO - CLAIM Bukan men-deklarasikan! Itu sebabnya kenapa kemerdekaan negara ini disebut dengan proklamasi, dan bukan deklarasi seperti USA.

Jadi sebenarnya kita ngaku-ngakunya aja merdeka, analoginya sama seperti halnya seorang cewek cantik yang dekat sahabatan sama kita tapi dia sudah punya cowok.. kemudian ketika suatu hari dia putus sama cowoknya, kita meng-klaim, mem-proklamasikan pada semua orang: Nah kembali ke proklamasi RI, tetapi masalahnya kan nggak berhenti di situ. Ketika kita usai 'mengklaim diri kita bahwa kita merdeka' Belanda tentu saja tidak terima... Maka dari itu mereka melancarkan Agresi Militer hingga dua kali.. Pembenaran mereka tentu, untuk merebut kembali Hindia Belanda, kejayaan Pax Nederlanica di Asia Tenggara dari sekelompok orang-orang ekstrimis yang mengaku merdeka.

Tetapi sejarah kemudian memihak pada 'ekstrimis' itu.. Berkat lobi yang dilakukan mereka, PBB pun akhirnya mengakui bahwa Negara Hindia Belanda di Asia Tenggara sudah tidak ada, dan berganti dengan Republik Indonesia, yang kekuasaan politiknya dipegang oleh orang-orang pribumi. Dan Belanda pun juga harus mengakui ini secara resmi pada tanggal 27 Desember 1949.
Karena itu, memperingati sebuah peristiwa bersejarah seperti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, bukan sekedar mengenang masa lampau. Tetapi harus menjadikannya sebuah media yang dapat membuka pikiran dan imajinasi untuk berbuat dan melakukan tindakan-tindakan besar dan benar.

Sebuah bangsa yang tidak berpedoman pada sejarah akan menjadi bangsa yang kehilangan pijakan dalam berbuat. Bangsa yang tidak berdiri di atas sejarah, akan menjadi bangsa yang berdiri di atas kekosongan. Bangsa yang berdiri di atas kekosongan, hanya akan memperoleh kehampaan.

Sekelompok orang, sebuah komunitas atau negeri yang tidak mengerti akan sejarahnya sendiri, tidak akan memiliki pegangan yang cukup dalam menentukan tindakan-tindakan yang akan diambil. Sebuah negeri yang tidak belajar dari sejarahnya, akan menjadi negeri yang gagal dalam meneruskan masa depan. Gagal dalam memperjuangkan kemaslahatan.

Arti penting proklamasi kemerdekaan, tidaklah berhenti pada batas bahwa kita telah memiliki negara. Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 adalah sebuah modal perjuangan untuk mengisi hari-hari ke depan yang penuh tantangan. Tempat bertanya, apakah yang kita lakukan hari ini sudah maksimal sebagaimana yang diamanatkan proklamasi?

2 Responses to "Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel