Non-Muslim Bukan Kaum Kelas Dua

Non-Muslim Bukan Kaum Kelas Dua
Share
Hubungan umat Muslim dengan non-Muslim sebaiknya dijaga dengan keadilan terutama kepada mereka yang tidak memerangi atau memusuhi umat Islam. Di dalam Islam, umat non-Muslim dijamin kebebasannya dalam memilih agama. 
"Tidak ada pemaksaan (bagi seseorang) menganut agama .Sungguh telah jelas kebenaran dari pada kesesatan''.
(QS. Al - Baqarah : 256) 
Namun, umat non-Muslim juga harus tunduk kepada sistem yang diterapkan oleh Islam. Misalkan, jika umat Muslim tidak boleh melakukan praktik riba, maka non-Muslim juga sama. Jika umat Muslim berhak mendapatkan jaminan kesehatan, pendidikan dan keamanan, maka orang non-Muslim juga berhak. Hubungan umat Muslim dengan non-Muslim hanya sebatas diluar urusan akidah dan peribadatan. Islam tidak mengajarkan untuk ikut serta dalam kegiatan / hari raya umat non-Muslim. 
Tolong menolonglah kamu dalam berbuat kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam dosa dan permusuhan.
(QS. Al-Ma’idah : 2) 
Harta benda non-Muslim harus dilindungi oleh negara. Hal ini telah diterapkan oleh Rasulullah SAW kepada penduduk Najran. 
Penduduk Najran dan keluarga mereka berhak mendapatkan perlindungan Allah, dan jaminan Muhammad utusan Allah, baik harta, agama maupun jual-beli mereka, serta apa saja yang ada dalam kekuasaan mereka, baik kecil maupun besar.”
(H.R. Al-Baihaqi. Lihat, al-Baihaqi, Dalailu an-Nubuwwah, Juz V/485; Abu Yusuf, al-Kharaj, hal. 72; Ibn Sa’ad, at-Thabaqat al-Kubra, Juz I/288)
Islam begitu agung dan sangat memanusiakan manusia. Terdapat sebuah kisah, ada jenazah lewat di hadapan Nabi, baginda SAW berdiri untuk menghormatinya. Ada yang bertanya kepada baginda: “Dia orang Yahudi.” Nabi menjawab: “Bukankah dia juga manusia?” (H.R. Muslim dari Qais bin Sa’ad bin Hanif. Lihat, Muslim, Shahih Muslim (961); Ahmad, Musnad Ahmad (23893) 

Sistem Islam, jika dilihat dari sejarah merupakan sistem yang paling berhasil dalam mengintegrasikan non-Muslim ke dalam masyarakat Islam karena semua hak-hak minoritas non-Muslim diatur dalam Islam.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel