7 Tanya Jawab Seputar Menstruasi

7 Tanya Jawab Seputar Menstruasi
Share
Excellent Education - Menstruasi adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi rata-rata 35mL per harinya. 

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Menstruasi:

Q: Normalkah jika wanita selalu mengalami PMS (premenstrual syndrome) setiap menjelang menstruasi?
A: Tentu saja normal. Lagipula PMS itu bukanlah suatu penyakit. PMS hanya merupakan gangguan hormonal yang dialami setiap wanita menjelang menstruasi. Gejalanya yang dialami oleh setiap wanitapun berbeda tergantung dari kadar hormon masing-masing. Dari yang ringan, seperti malas, nyeri pinggang, sakit kepala hingga yang terberat seperti kram perut hebat, migrain hingga pingsan.

Q: Apakah melakukan olahraga berat seperti lari jarak jauh atau fitness, diperbolehkan saat menstruasi?
A: Tentu saja boleh, asalkan pada saat terjadinya pendarahan tubuh tidak merasakan sakit yang berlebihan. Tapi jika telah selesai berolah raga, pastikan tubuh cukup mendapat asupan makanan yang bergizi dan mendapat istirahat yang cukup.

Q: Amankah meminum obat penghilang rasa sakit di hari pertama menstruasi?
A: Tentu saja aman. Obat tersebut tidak membayakan kesehatan karena biasanya tidak diminum dalam jangka waktu yang lama. Begitu rasa sakit menghilang atau berkurang, maka segera hentikan pemakaian. Tapi jika rasa sakitnya masih saja belum berkurang, sebaiknya segera hubungi dokter.

 Q: Bagaimana caranya mengurangi rasa perut kembung saat menstruasi?
A: Beberapa wanita seperti merasa menahan air saat menstruasi sehingga perut terasa kembung. Bila Anda mengalami hal ini, coba kurangi konsumsi garam pada makanan. Cara ini cukup terbukti membantu. Perbanyak konsumsi buah, sayuran dan sereal, serta hindari minuman kola dan makanan berlemak.

Q: Mengapa saat menstruasi, agak terasa nyeri saat buang air besar di sekitar daerah bagian bawah perut?
A: Pada saat menstruasi tubuh juga sedang mengeluarkan zat peradangan yang akan menimbulkan rasa sakit. Tapi jika sakitnya spesifik pada saat BAB maka sebaiknya diperiksakan langsung keahli kandungan, karena penyakit endometriosis mempunyai karakter yang seperti itu (yaitu keluhan timbul selalu pada saat perdarahan haid.)

Q: Apakah normal pada saat menstruasi hari pertama dan kedua, volume darah yang keluar banyak? Sedangkan pada hari ke 3 darah yang keluar sangat sedikit bahkan nyaris hanya berupa bercak-bercak berwarna cokelat.
A: Asalkan menstruasi terjadi rutin setiap bulan, hal seperti di atas tergolong masih normal. Namun jika Anda telah menikah, sebaiknya pola menstruasi tesebut diperiksakan demi mengantisipasi kondisi ketidaksuburan, dan kematangan sel telur.

Q: Mengapa hingga usia 21 tahun saya belum mendapatkan menstruasi? Terakhir
saya melakukan terapi hormon karena dokter mendiagnosa saya mengalami hypoplasia. Mengapa hal ini bisa terjadi?
A: Jika sudah konfirmasi Anda mengidap hipoplasi genitalia, maka Anda akan menjalani pengobatan hormonal. Namun, pengobatan ini hanya bertujuan untuk mengembangkan organ seksual sekunder berkembang, misalnya; rambut kemaluan tumbuh, dan payudara berkembang. Sedangkan untuk siklus menstruasi dan keluarnya sel telur (untuk kehamilan nanti ) biasanya susah untuk dicapai.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel