Teknologi Cerdas (dari) Impian Menjadi Kenyataan

Teknologi Cerdas (dari) Impian Menjadi Kenyataan
Share

The future masters of technology will have to be light-hearted and intelligent. The machine easily masters the grim and the dumb.” - Marshall McLuhan

Saya sangat setuju dengan quote dari Marshall McLuhan yang merupakan seorang professor bahasa Inggris di Universitas Toronto. Dengan menguasai teknologi maka manusia akan lebih bahagia dan cerdas. Teknologi akan menghapuskan masa suram dan kebodohan.

Teknologi adalah hasil rekayasa individu in society. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa dan negara.

Diambil dari tensa.alamfay.com

 Semakin maju teknologi membuat ketergantungan manusia akan teknologi di segala sektor kehidupan juga meningkat. Mulai dari sektor pendidikan, sosial hingga sektor pembangunan. Dengan adanya teknologi, membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan produktif sehingga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil kerja.

Di abad ke-21 ini, teknologi telah berkembang dan maju pesat. Riset dan penemuan teknologi baru seakan tidak henti-hentinya dilakukan untuk menggeser teknologi lama yang dianggap kurang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Teknologi Cerdas tidak lagi menjadi impian belaka. Perkembangan teknologi cerdas yang saat ini sedang booming adalah smartphone dan smart PC.

Smartphone


Handphone pertama di dunia beratnya sekitar 2Kg, penemunya adalah Martin Cooper. H Handphone pertama dilahirkannya pada 1973 dengan bantuan tim. Untuk memproduksi ponsel pertama, Motorola memerlukan biaya setara dengan US$1 juta. “Di 1983, ponsel portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta) saat ini,” ujarnya.

“Teknologi membuat hidup lebih baik, lebih nyaman, aman, mendidik, menghibur dan sebagian besar membuat lebih produktif dan sehat,” ujar Cooper.

Dibandingkan dengan handphone pertama kali, handphone saat ini telah memiliki teknologi yang canggih.

Handphone telah berkembang menjadi smartphone dengan teknologi tinggi yang sedang laris di pasaran. Keunggulan smarthphone dibandingkan handphone biasa adalah layar yang fleksibel, prosesor semakin berkualitas tinggi, layar dengan resolusi definisi tinggi,  layar jumbo, dan memiliki teknologi wireless charging.

Smart PC

            Smart PC merupakan inovasi komputer yang terbaru. Komputer telah mengalami metamorfosis. Mulai dari komputer besar, desktop computer, laptop hingga sekarang smart PC.

            PC pertama di dunia bernama Kenbak-1 yang diciptakan oleh John Blankenbaker dari Kenbak Corporation pada 1970 dan mulai dipasarkan pada 1971. PC ini menggunakan memori sebesar 256 bytes, dan dijual dengan harga yang menggiurkan: $750. Untuk mengoperasikannya Anda harus memencet serangkaian tombol dan switch dan outputnya akan ditampilkan lewat lampu.

            Jika dibandingkan dengan smart PC, Kenbak-1 sangat jauh dari sempurna. Smart PC yang saat ini sedang menjadi persaingan perusahaan PC besar dunia seperti Samsung, Apple dan Toshiba di pasaran memang memiliki teknologi yang tinggi. Sebagai contoh smart PC milik Samsung yaitu Samsung ATIV Smart PC yang merupakan gabungan antara tablet dan laptop. Smart PC ini telah dipasangi processor i5 dan layarnya dapat merespons sentuhan 10 jari dengan menggunakan teknologi multi-touch.

Smart Car

            Selain smartphone dan smart PC, teknologi cerdas juga akan terwujudkan di bidang otomotif. Pada 2014 nanti, Toyota akan menguji coba smart-car-technology yang dikembangkannya. Teknologi ini memungkinkan mobil berkomunikasi dengan mobil lain juga dengan rambu-rambu yang ada di jalan. Mobil yang bisa stop and go secara otomatis, menghindar dari kecelakaan, sekarang akan tidak menjadi science fiction lagi.

Dampak positif dan dampak negatif teknologi dilihat dari berbagai bidang:

1.      Bidang Informasi dan Komunikasi
Dampak positif antara lain:
a. Lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru melalui internet,
b. Dapat berkomunikasi dengan orang lain yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone, email dan social network.
Dampak negatif, antara lain:
a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu di internet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.

2.      Bidang Ekonomi dan Industri
Dampak positif antara lain:
a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b. Terjadi industrialisasi
Dampak negatifnya antara lain;
1. Terjadi pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai.
2. Sifat konsumtif akan melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, dan boros
 
3. Bidang Pendidikan
Dampak positif antara lain:
a. Muncul media massa
b. Muncul metode-metode pembelajaran baru dengan bantuan teknologi.
Dampak negatif antara lain:
a. Kerahasiaan alat tes semakin terancam dengan adanya internet
b. Penyalahgunaan ahli komputer untuk melakukan pembobolan rekening bank

            Dibalik dampak positif dan negatif dari teknologi, manusia masih tetap membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin dalam 10 tahun mendatang, teknologi akan semakin luas jangkauannya dan semakin maju di masa depan.

2 Responses to "Teknologi Cerdas (dari) Impian Menjadi Kenyataan"

  1. Saya setuju dengan pendapat Anda, tetapi lebih baik jika kita menggunakan teknologi dengan bijaksana. Keep on writing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, teknologi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. terima kasih. :)

      Delete

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel