12 Tips Tidur Nyenyak Malam Hari

12 Tips Tidur Nyenyak Malam Hari
Share
1. Tidurlah hanya saat kita merasa ngantuk
Jangan mengisi waktu kosong di siang hari dengan tidur, karena selain akan mengganggu jam tidur kita, tidur disaat tidak ngantuk juga akan membuat kita terbangun di kala malam hari.
2. Buat suasana tempat tidur senyaman mungkin
Ruangan yang panas akan mengganggu tidur. Lebih disarankan di ruangan yang dingin dengan selimut di tubuh sebagai penghangat. Gunakan penutup mata jika ada cahaya yang mengganggu. Atau bila perlu gunakan penutup telinga jika di sekitar kita ada keramaian. Bagi yang takut dengan kegelapan, penutup mata sangat disarankan daripada membiarkan lampu menyala semalaman.
3. Lakukan sesuatu yang membosankan
Jika kita sudah berbaring di atas ranjang dan tidak bisa tidur selama kurang lebih 20 menit, bangun dan lakukan sesuatu yang membosankan. Biasanya yang sering kita baca di komik ialah menghitung domba yang melompati pagar. Tapi tidak harus begitu haha.. :D Coba duduk dengan tenang di kegelapan atau baca buku garansi handphone/televisi. Namun, jangan menyalakan lampu. Tubuh kita dirancang untuk bangun jika kondisi sekitar terang benderang.
4. Hindari tidur siang
Tidak tidur siang akan membuat kita mengantuk di malam hari, sesuai jadwal tidur yang benar. Jika terpaksa akan tidur di siang hari, pastikan tidur sebelum jam 3 sore dan tidur kurang dari 1 jam. Saya pernah mencobanya, tidur walau cuma setengah jam, akan membuat tubuh menjadi bugar dan siap kembali beraktivitas hingga malam hari.
5. Bangun dan tidur di jam yang sama
Setiap harinya, biasakan untuk berangkat ke tempat tidur (dan tidur tentunya) dan bangun tidur di waktu yang sama. Meskipun pada liburan, biasakan untuk bangun dan tidur di jam yang sama. Jika siklus ini berlangsung teratur, kita akan merasa lebih bugar setiap hari.
6. Berhenti beraktivitas setidaknya 4 jam sebelum tidur
Berolahraga sangat dianjurkan untuk membantu kita tidur nyenyak. Tapi lakukan itu hanya di pagi / sore hari. Biasakan tubuh untuk beristirahat dan berhenti bekerja sebelum jam tidur itu tiba.
7. Gunakan ranjang hanya untuk tidur
Hindari bekerja di atas kasur, menonton televisi atau membaca buku sekalipun. Jadi jika kita tidur di kasur, tubuh akan mengetahui bahwa ini waktunya tidur. Tentu saja seks adalah pengecualian.
8. Jangan mengonsumsi nikotin, kafein atau alkohol 4-6 jam sebelum tidur
Ketiganya adalah zat yang menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Jadi, jauhkan semuanya itu.
9. Ritual sebelum tidur
Beritahu tubuh kita bahwa ini sudah waktunya untuk tidur. Caranya bisa bermacam-macam seperti misalnya mendengarkan musik relaksasi, atau membaca buku kesenangan selama sekitar 15 menit, minum teh yang tidak mengandung kafein atau minum susu hangat.
10. Ngemil sebelum tidur
Kelaparan atau kekenyangan bisa mengganggu saat tidur. Perangsang tidur alami (tryptophan) biasa terdapat pada produk minuman susu. Itulah kenapa minum segelas susu hangat sebelum tidur biasanya sangat disarankan. Oh ya, setelah makan, darah akan mengalir lebih banyak ke lambung secara otomatis. Berkurangnya darah di otak membuat kita merasa mengantuk. Ini juga yang menjadi alasan kenapa kita sering mengantuk sesaat setelah makan.
11. Mandi air hangat 90 menit sebelum jam tidur
Mandi sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi hangat. Setelah mandi, suhu tubuh akan menurun dan membuat kita mengantuk.
12. Jam sinar matahari sebagai jam biologis tubuh
Segera setelah bangun, pergi keluar dan biarkan sinar matahari menghampiri tubuh sekurang-kurangnya 15 menit. Ini berguna untuk memberitahu tubuh bahwa sudah saatnya bangun. Dan akan menjadi kebiasaan biologis tubuh dengan sendirinya.
Setelah mempraktekkan tips tidur nyenyak di atas, saya jadi bisa tidur lebih cepat. Meski awalnya tetap sulit tidur, tapi setidaknya jam tidur saya lebih maju dan tentu saja ini membuat saya bangun lebih pagi keesokan harinya.
Perlu diingat bahwa tidur bukanlah soal kuantitas, seberapa banyak jam tidur, tapi kualitasnya yang perlu diperhatikan. Yang paling baik adalah tidur di malam hari dan bangun di pagi hari dengan estimasi normal 6-8 jam per hari.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel