APSIFEST 2012, Event Pelajar Untuk Kemajuan Bangsa

APSIFEST 2012, Event Pelajar Untuk Kemajuan Bangsa
Share
APSIFEST (Applied Science festival) 2012 merupakan event  lanjutan yang diadakan oleh Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom setelah sukses menyelenggarakan Computing Cup dan Technogine pada tahun 2011. APSIFEST ini diharapkan kedepannya merupakan agenda tahunan dari Fakultas Sains ITTelkom untuk memberikan peluang kepada para pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa untuk meng-aktualisasikan diri dalam meraih prestasi di bidang IT.


Event tahun ini bertemakan "Teknologi Sains Terapan untuk Kemajuan Bangsa", yang terdiri dari beberapa lomba yang sangat menarik yaitu : Lomba Programming, Lomba Progammable Logic Control, Lomba Blogging, Lomba Line Follower dan Lomba Game Development antar siswa SMA/SMK dan Mahasiswa se-Indonesia.

Tema yang sangat menarik yang diberikan akan menjadi semangat yang tinggi di setiap jiwa peserta untuk memajukan Bangsa melalui Teknologi Sains Terapan. Untuk itu diperlukan suatu dasar agar semua dapat terlaksana dengan baik dan sukses sesuai yang diimpikan. Ada dua ilmu yang bisa dipelajari yaitu Ilmu Komputasi dan Teknik Fisika.

Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Beda dengan Ilmu Komputer itu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komputer, baik dari segi Hardware maupun softwarenya. Ilmu komputasi sebagai bentuk ketiga dari ilmu (sains) telah banyak disampaikan oleh berbagai pihak, antara lain Stephen Wolfram dengan bukunya yang terkenal: A New Kind of Science, dan Jürgen Schmidhuber. Jurusan yang mempelajarinya adalah Jurusan Ilmu Komputasi. Di Institut Teknologi Telkom, jurusan ini baru didirikan pada awal tahun 2009 dengan sasaran yaitu menghasilkan  lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang komputasi sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ilmu yang lain adalah Teknik Fisika yang mempelajari tentang pemanfaatan ilmu fisika untuk kepentingan manusia dan lingkungannya, seperti membuat instumen bangunan, teknologi untuk mengatasi kebisingan, mengatur suhu ruangan, control robotika dan pemanfaatan optik dan laser bagi kesehatan. Terdapat banyak bidang profesi yang dapat digeluti oleh lulusan Teknik Fisika diantaranya adalah fisika bangunan, pencitraan (imaging), instrumentasi medik, optika, teknologi-nano, sampai ke bioteknologi. Terdapat lebih dari 10 perguruan tinggi negeri dan swasta ternama yang telah membuka studi Teknik Fisika. Di Institut Teknologi Telkom, jurusan ini baru didirikan pada awal tahun 2009 dengan sasaran yaitu menghasilkan  lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang Teknik Fisika sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di era global yang semakin maju akan teknologi dan inovasi ini, semakin banyak pula teknologi baru yang canggih dan unik ditemukan. Salah satunya adalah teknologi dari TOSHIBA yang memadukan antara Tablet dengan Ultrabook. Toshiba memperkenalkan hibrida tablet dengan ultrabook, yang dinamakan Satelitte U925t.

Perangkat ini menggunakan slide untuk memadukan tablet dengan ultrabook. Jika pengguna tidak men-slide, maka perangkat itu akan berfungsi sebagai tablet. Tapi jika ingin menggunakannya sebagai ultrabook, pengguna tinggal men-slide, sehingga muncul keyboard.

Perangkat ini memiliki banyak kelebihan yaitu menggunakan sistem operasi Windows 8. Untuk memperkuat hibrida tablet-ultrabook ini, Toshiba menanam prosesor generasi ketiga Intel Core i5 dengan Intel Rapid Start. Selain itu, terdapat juga kamera depan HD webcam, kamera belakang 3 MP webcam, dengan autofokus.Menariknya, Toshiba mendesain perangkat ini dengan tebal hanya 0,78 inci, dengan layar HD berukuran 12,5 inci Corning Gorilla Glass.

Berikut adalah video pameran Satelitte U925t.


Suatu perlombaan tentu memiliki tujuan yang akan memberikan manfaat bagi para pesertanya. Begitu juga dengan APSIFEST 2012, melalui event ini akan membangkitkan semangat para pelajar untuk berkompetisi dan beradu skill secara sehat sesuai dengan bidang masing-masing. Selain itu, event ini memacu para pesertanya untuk terus berinovasi kreatif dan menambah pengetahuan tentang dunia Informasi dan Teknologi. Dan pada akhirnya, pengalaman akan didapatkan untuk menjadi evaluasi di masa yang akan datang agar lebih baik.
Artikel yang simpel dan menarik namun berisi banyak dicari oleh pembaca. Semua terdapat di artikel APSIFEST 2012, Event Pelajar Untuk Kemajuan Bangsa ini. Selain itu, tampilan blog yang elegan dan dinamis, membuat pengunjung betah berlama-lama mengeksplorasi blog ini.
Dengan content yang padat akan pengetahuan mulai dari Ilmu Komputasi, Teknik Kimia hingga contoh penerapan teknologi saat ini dengan juga ditambahkan video tentang Satelitte U925t milik Toshiba , para pembaca akan mendapatkan manfaat yang banyak.
Itulah artikel lomba blog APSIFEST 2012. Tiada manusia yang sempurna, kritik dan saran sangat diperlukan.
Referensi:

64 Responses to "APSIFEST 2012, Event Pelajar Untuk Kemajuan Bangsa"

  1. kegiatan yg positif.. ^.^
    trus semangat & kamu pasti bisa..!!

    ReplyDelete
  2. @sembilan satu : terima kasih dukungannya. :)

    ReplyDelete
  3. aku baru tau kalo ada PC toshiba yang kayak gitu, keren-keren :D

    ReplyDelete
  4. halo .... sebelumnya aku udah pernah baca artikel ini di blog sebelah .. thanks kunjungannya
    nice invo ^_^
    .

    ReplyDelete
  5. teruskan, dan semangat.
    asssiiiikkkk, yang penting heppiii

    ReplyDelete
  6. thank you for the information. Hopefully, it can brings Indonesia to be a better country from now. Two thumbs up!

    ReplyDelete
  7. sip! bangga deh jadi pengguna toshiba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, teknologi akan terus berkembang dan maju teman. :)

      Delete
  8. Dengan adanya lomba ini bisa memberikan kesempatan kepada para anak bangsa ini sebagai langkah awal untuk membuktikan bahwa mereka juga layak dan mampu untuk ikut serta dalam mengembangkan dunia IT.
    Semoga lomba semacam ini akan selalu ada untuk memicu ide dan
    kreatifitas para generasi muda terutama di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bu!
      Semoga Indonesia semakin maju. Amin. :)

      Delete
  9. info yang bagus, keep update gan :)

    ReplyDelete
  10. Alvian Damar Fitra TantoSeptember 13, 2012 at 10:55 AM

    that be a good program guys...

    ReplyDelete
  11. bagus informasinya dan selamat berjuang...

    ReplyDelete
  12. Nice Info ^^
    Ditunggu Info lainnya.....

    ReplyDelete
  13. makasih bermanfaat sekali.. aku mau dibeliin laptop kayak gitu dong om..

    ReplyDelete
  14. cocok wes...
    indonesia memiliki banyak calon ahli dibidang komputika, namun sayang di negara ini masih kurang wadah-wadah yang menampung sekaligus mengapresiasi kemampuan mereka.
    Hopefully this event can be...

    ReplyDelete
  15. Maju terus dengan generasi yang lebih baik

    ReplyDelete
  16. if great can be done, than good is not enough

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel