7 Tips Memanage THR

7 Tips Memanage THR
Share
  1. Wujudkanlah sukacita Anda dengan membayar zakat, perpuluhan atau ucapan syukur. Berbagilah dengan orang-orang terkasih (pasangan, anak-anak, orang tua/mertua, anggota keluarga lainnya, anak asuh), orang-orang yang bekerja untuk Anda (pembantu rumah tangga, pengasuh anak, supir, petugas kebersihan, satpam, dan lainnya), bahkan orang-orang yang tidak mampu disekitar kita.
  2. Cek daftar kewajiban Anda, hutang pokok dan bunga yang sifatnya konsumtif (Kartu Kredit/KTA) harus menjadi prioritas pertama untuk dilunasi diatas kebutuhan yang lain.
  3. Tetapkan anggaran yang diperlukan untuk hari raya/pengeluaran tahunan, seperti kebutuhan sandang, pangan, biaya transportasi selama perjalanan dan keperluan uang lainnya khusus bagi mereka yang berniat mudik.
  4. Ingatlah selalu untuk mengeluarkan biaya atas apa yang diperlukan (needs) dan bukan yang diinginkan (wants). Khusus anggaran pangan dan papan agar tidak berlebihan, tanamkan kepada setiap anggota keluarga tentang konsep makan dan membeli pakaian secukupnya.
  5. Pengeluaran tahunan lainnya yang perlu dialokasikan dari THR/bonus ini adalah pajak kendaraan bermotor dan rumah, pemeliharaan rumah dan servis rutin kendaraan, liburan keluarga, dan lainnya.
  6. Jangan lupa untuk mengalokasikan dana untuk tabungan dana darurat dan investasi.
  7. Jika pasangan Anda bekerja, berarti dana THR/bonus yang diperoleh tentulah lebih besar. Rencanakan alokasi untuk berbagai pos yang penting bersama-sama pasangan. Jika Anda freelancer atau tidak mendapat THR/bonus, angsur dari pendapatan yang diterima untuk anggaran pengeluaran tahunan Anda

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel