13 Tips Belanja Online yang Aman

13 Tips Belanja Online yang Aman
Share
Tips Belanja Online yang Aman
1. Lengkapi dulu komputer anda dengan aplikasi untuk proteksi, antivirus, updating terutama pada aplikasi antivirus dan patching pada browser dan sistem operasi. Patching akan membantu Anda mencegah infeksi malware dan serangan scam. di sini sudah di sediakan download antivirus silahkan untuk di lihat lihat.
2. Beberlanjalah di situs toko online yang memiliki reputasi cukup bagus, minta rekomendasi dari teman anda yang sering melakukan jual beli di media online.
3. Waspada dengan promo yang sangat menakjubkan bisa diskon sampai 60% ke atas, dan tawarannya tidak masuk akal, demi keamanan Anda abaikan saja tawaran tersebut, karena biasanya menyimpan risiko keamanan. Meskipun tidak semua promo menipu.
4. Pastikan bertransaksi dengan link yang aman, maksudnya Saat melakukan transaksi dan pemesanan barang di website, pastikan website tersebut menggunakan SSL (Secure Sockets Layer), yang menjadi standard untuk keamanan transaksi. Perhatikan tanda ‘https’ atau “shttp’ di depan alamat web dan bukan ‘http’ saat Anda masuk pada proses transaksi. Pastikan terlihat simbol kunci atau gembok pada browser window.
5. Waspadai juga tawaran melalui e-mail untuk pembelian segera, kadang dari e-mail tawaran yang mencurigan itu adalah spam, dan sangat berbahasa bagi komputer anda. dan juga barang yang akan anda beli maka akan di ambil oleh sang pembuat e-mail karena itu spam.
6. Jangan berbelanja online di hotspot yang bocor: Jika Anda perlu berbelanja di tempat ber-WiFi, di ruang publik, pastikan komputer Anda terlindungi dengan optimum. Anda bisa memanfaatkan ESET Smart Security 5 yang memberikan notifikasi saat Anda berada di jalur hotspot.
7. Pastikan Anda memilih “Strict protection” karena Anda pasti tidak ingin ada orang yang menyambar data personal Anda saat Anda mengisi data tersebut dari laptop, smartphone, maupun tablet.
8. Gunakan Kartu Kredit: Banyak penjual, baik di mall maupun online, akan lebih memilih kartu debit ketimbang kartu kredit karena biaya transaksi lebih murah. Tetapi untuk belanja pada saat momen tertentu seperti liburan, tetapkan untuk menggunakan kartu kredit karena lebih aman.
9. Permintaan informasi detil: Beberapa malware ada yang bisa menambahkan pertanyaan di form isian yang Anda gunakan saat berbelanja online.
10. Jika Anda temukan terlalu banyak pertanyaan yang tidak berhubungan dengan pembelian Anda, seperti meminta nomor jaminan sosial, ID, hanya untuk melengkapi pemesanan bunga misalnya, maka segera hentikan transaksi lalu lakukan scanning anti malware.
11. Jangan berharap mendapat uang hanya dengan menjawab pertanyaan: Ada beberapa website resmi yang melakukan survei lewat internet seperti survei kepuasan konsumen dan layanan.
12. Biasanya muncul dalam bentuk pop-up. Anda tinggal tutup pop-up tersebut dan jangan pernah memberikan data pribadi Anda.
13. Jika Anda terkena scam, maka dokumen tersebut bisa menjadi data awal, oleh sebab itu jangan abaikan credit card statement.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel