Biaya Hidup di Kanada Bergantung Gaya Hidup

Biaya Hidup di Kanada Bergantung Gaya Hidup
Share
Siswa internasional dapat mempertimbangkan Kanada sebagai salah satu negara tujuan untuk melanjutkan studi. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Association of Commonwealth University tahun 2003 menyatakan bahwa biaya kuliah di universitas Kanada paling rendah dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas Inggris, Australia dan New Zealand. Di samping itu biaya kuliah di universitas negeri Amerika Serikat lebih mahal 1/3 kali dari biaya kuliah di Kanada sedangkan di universitas swasta Amerika Serikat dapat mencapai dua kali lipatnya. 

Tinggi rendahnya biaya hidup di Kanada bergantung pada gaya hidup siswa. Berikut ini merupakan beberapa contoh biaya-biaya untuk pembelian barang dan jasa di Kanada.
Rent - Bachelor Apartment
(one room apartment, one month, large city)
$700 - $1,100
Rent - Bachelor Apartment
(one room apartment, one month, small city/town)
$500 - $700
Utilities (one month) $20 - $30
Phone (one month not including long distance) $20 - $40
Cell Phone Package (one month) $40
Cable Television (one month) $25 - $50
Internet Connection (high speed, one month) $40
Groceries for One Person (one month) $200 - $300
One Dozen Eggs $2 - $3
Bag of Rice (2 kg) $2 - $6
Bus Fare One Way (local) $2.25
Local Telephone Call $0.25
Fast Food Meal (hamburger, soft drink, french fries) $4 - $6
per person
Average Restaurant Meal $10 - $25
per person
Coffee from Specialty Coffee Shop $1.70
Admission to Nightclub $0 - $15
Gas/Petrol $1.15 - $1.50
per litre
Movie $11.50 - $13
Pair of Jeans $40 - $80
Pair of Running Shoes $60 - $200
Return flight from Vancouver to Toronto $300 - $1,200
Letter within Canada $0.50
International Postage (letter) $1.45
sumber: www.cic.gc.ca

Mata Uang & Bank
Mata uang Kanada menggunakan sistem pengukuran metrik. Satuan mata uang Kanada adalah dollar Kanada yang setara dengan 100 sen. Mata uang kertas yang paling umum di Kanada adalah denominasi $5, $20, $50, dan $100, Mata uang logam terdiri dari 1 sen (pennies), 5 sen (nickels), 10 sen (dimes), 25 sen (quarters), $1(loonies) dan $2 (twoonies). Mata uang logam $1 dan $2 telah dikeluarkan lebih dari 10 tahun, namun masih ada uang kertas Kanada $1 dan $2 yang masih beredar dan merupakan alat pembayaran yang sah (tetapi juga sudah menjadi jenis barang yang dikoleksi), Mata uang kertas Kanada memiliki warna yang berbeda-beda tergantung kepada nilainya masing-masing.
Walaupun bank di Kanada menawarkan nilai tukar mata uang yang terbaik, namun beberapa diantaranya memungut biaya untuk menukar uang atau cek perjalanan (traveller's cheque) dan harga yang tertera seringkali tidak termasuk pajak, Siswa asing disarankan menukar sejumlah uang Kanada sebelum datang ke Kanada, karena bank-bank di Kanada biasanya hanya buka hari Senin sampai Jum'at, dengan jam kerja (jam 9 pagi sampai 5 sore), sedangkan penukaran mata uang di tempat lainnya membutuhkan biaya yang lebih besar. Tempat penukaran yang terdapat di hotel, toko-toko, dan kios penukaran biasanya selalu menawarkan nilai tukar yang tinggi atau memungut komisi yang besar.
Siswa memiliki akses mudah ke banyak bank dan ATM di Kanada serta mudah dijumpai di kota-kota besar. Umumnya kartu bank atau kartu kredit bisa digunakan untuk mengambil uang dari ATM. Kartu ATM dapat digunakan di berbagai toko di Kanada untuk melakukan pembayaran barang-barang seperti bahan makanan dan pakaian. Bank-bank di Kanada menawarkan berbagai layanan kepada para nasabah mereka untuk menyimpan paspor dan rekening tabungan. Kebanyakan orang Kanada menggunakan cek pribadi yang dikeluarkan oleh bank-bank untuk melakukan pembayaran karena cek mudah diganti jika dicuri atau hilang. Kebanyakan toko, hotel, restoran dan tempat hiburan menerima cek perjalanan dan juga kartu kredit.

Pajak
Beberapa provinsi di Kanada memungut pajak lokal pada barang-barang dan jasa pelayanan namun semua provinsi harus memungut pajak federal yang disebut Goods & Services Tax (GST) sebesar 6 persen dari jumlah pembelian. Sebagian dari pajak GST ini bisa dikembalikan ketika keluar dari Kanada dengan batasan sejumlah tertentu dan bon asli barang yang dibeli harus ditunjukkan saat melakukan klaim. Siswa asing dapat menghubungi Kantor Pajak Kanada (Revenue Canada) atau sekolah untuk memperoleh keterangan lebih lanjut. Formulir pengembalian GST dapat diperoleh pada gerai informasi di Bandara atau di kebanyakan mal perbelanjaan.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel