Perbedaan Malaikat, Jin dan Syetan/Iblis

Perbedaan Malaikat, Jin dan Syetan/Iblis
Share
Mahasuci Allah SWT yang menciptakan makhl uk dengan berbagai bentuk dan jenis. Ada makhluk nyata (dapat dirasakan oleh indera) seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Ada pula makhluk gaib (tidak dapat dirasakan oleh indera) seperti malaikat, jin, setan, dan iblis. Sama halnya dengan makhluk nyata, di antara ma khluk gaib memiliki karakteristik (ciri) yang membedakannya satu sama lain. Adapun perbedaan antara malaikat da n makhluk gaib lainnya sebagai berikut. 

Selain memahami keberadaan nama-nama. tugas. dan sifat-sifat malaikat, maka langkah iman selanjutnya adalah menghayati pemahaman tersebut dan mengambil hikmahnya (dampak positif) dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan  kata lain, beriman kepada malaikat tidak cukup hanya dengan mengetahui nama-nama, tugas, dan sifat-sifatnya saja. Beberapa hikmah yang membawa dampak positif dengan beriman kepada malaikat adalah sebagai berikut. 

a.   Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.
b.  Mendorong untuk terus meningkatkan kua litas pribadi dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang terpuji (akhlak mulia).
c.   Mewujudkan masyarakat yang bermoral.
d.   Meneladani ketaatan malaikat kepada Allah SWT yang senantiasa bertasbih dan sujud kepada-Nya. 

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel