Toleransi Pluralitas Masyarakat Indonesia

Toleransi Pluralitas Masyarakat Indonesia
Share
Malang, Indonesia.

Perbedaan adalah sesuatu yang akan menjadi indah ketika ditempatkan dalam bingkai "Persatuan". Indonesia memiliki penduduk yang menganut agama Islam terbesar di dunia. Kesatuan umat Islam yang terbagi menjadi beberapa golongan memicu pergulatan politik berbau "Agama". Tetapi mereka tetap menjaga loyalitas terhadap negara kesatuan. Karena peperangan mereka hanyalah sebatas perbedaan memahami teks agama.

Hal ini juga terjadi terhadap umat lain. Mereka lebih mengutamakan kasih sayang dan perdamaian. Strategi ini terbukti efektif untuk menciptakan persatuan antar umat. Dan pada akhirnya kesatuan agama dan negara pun terbentuk. Toleransi pluralitas masyarakat Indonesia selalu ada dalam hati mereka.

Pada kenyataannya, secara umum masyarakat Indonesia cukup toleran terutama dalam hidup bertetangga dengan orang yang berbeda agama dan etnis. Namun, toleransi mereka sangat rendah sehingga menimbulkan sikap hati-hati terhadap orang lain yang berbeda dari mereka. Fakta ini merupakan hal yang kurang baik dalam menumbuhkan solidaritas dalam masyarakat. Hal inilah yang menjadi salah satu tantangan terbesar rakyat Indonesia.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel