Kerukunan dan Prinsip Universal

Kerukunan dan Prinsip Universal
Share
Malang, Indonesia.

Visi toleransi yang telah dimiliki oleh Islam.semestinya diperjuangkan umat Islam kepada khalayak masyarakat plural. Namun, hal ini tidak berarti membatasi para pemuka agama berhenti untuk mendakwahkan ajarannya. Semua perbedaan yang ada pada setiap umat merupakan ketetapan Allah SWT yang telah tercantum pada QS. Al-Hujurat ayat 13.

Kepercayaan yang dianut setiap individu adalah urusan pribadi dengan Tuhan bukanlah urusan manusia untuk mempermasalahkannya. Kita hanya dituntut bermuamalah terhadap sesama manusia.Oleh karena itu, sikap toleransi yang paling utama untuk ditumbuh kembangkan adalah proses sosial di masyarakat yang berdasarkan prinsip. Semua dimulai dengan cara kita mensikapi perbedaan yang terjadi dalam keluarga karena mereka menjadi syarat mutlak untuk membangun lingkungan yang di ridhoi Allah SWT.

Pada akhirnya, penerapan toleransi yang berdasarkan prinsip-prinsip universal akan menciptakan kerukunan di lingkungan masyarakat yang menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel