Pengaruh Game Online Terhadap Pelajar

Pengaruh Game Online Terhadap Pelajar
Share

Pengaruh Game Online Terhadap Pelajar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang

Game online sudah tak asing lagi di telinga siswa-siswi pelajar dan mahasiswa. Beberapa tahun terakhir, banyak pelajar dan mahasiswa gemar bermain game online. Mengapa peristiwa itu terjadi sebenarnya seberapa menarikkah game online dimata mereka? Pengaruh apa saja yang timbul karena game online? Pengaruh itu baik atau buruk? Jika sudah terperangkap dalam kurungan dan keinginan untuk mengakses game online, bisakah keluar dari kurungan itu? Dengan cara apa saja? Berapa banyak yang telah sukses melalui prose itu? Bagaimana sikap orang tua menghadapi pengaruh game online yang dapat diakses setiap waktu? Apa yang terjadi ketika seorang penggila game online tidak dapat mengakses aplikasi tersebut?
            Pertanyaan-pertanyaan tadi selalu muncul ketika melihat betapa besar pengaruh game online di kalangan pelajar, seakan-akan mereka tak sadar bahwa sudah memasuki jam sekolah mereka tetap saja mengobrol dengan teman tentang game online. Padahal tahukah mereka game online dapat membawa pengaruh negatif? Apakah mereka sadar itu?  Makalah ini akan menjawab semua pertanyaan mereka tentang game online.
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

2.1       Pengertian Game Online
Apa itu “permainan game”? Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing.Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Game online dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala.
Game online adalah game yang menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.
2.2         Pengaruh positif dan negatif dari permainan game online
Segala sesuatu tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan permainan game online ini. Pengaruh positif dari game online adalah kita bisa me-refresh otak kita yang sedang jenuh dan kalau ditekuni game online bisa menjadi penghasilan . Pengaruh negatifnya akan timbul ketika kita sudah melampaui batas. Kita bisa lupa waktu, lupa dengan tugas dan kewajiban kita, dan menghabiskan uang hanya untuk menyewa computer di warnet serta berdosa karena membohongi orang tua(sebagian besar player) misalnya izin kepada orang tua pergi ke warnet mencari tugas tetapi beralih bermain game online.
Akio Mori seorang professor dari tokyo’s nihon university melakukan riset mengenai dampak  game pada aktifitas otak. Dari penelitian Akio Mori tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 poin penting yang antara lain :
Pertama , penurunan aktivitas gelombang otak depan yang memiliki peranan sangat penting, dengan pengendalian emosi dan agresivitas sehingga mereka cepat mengalami perubahan mood, seperti mudah marah, mengalami masalah dalam hubungan sosial, tidak konsentrasi dan lain sebagainya.
Kedua , penurunan aktifitas gelombang beta merupakan efek jangka panjang yang tetap berlangsung meskipun player tidak sedang bermain game. Dengan kata lain para player mengalami “ autonomic nerves “ yaitu tubuh mengalami pengelabuan kondisi dimana sekresi adrenalin meningkat , sehingga denyut jantung, tekanan darah, dan kebutuhan oksigen terpacu untuk meningkat. Bila tubuh dalam keadaan seperti ini maka yang terjadi pada gamer adalah otak mereka merespon bahaya sesungguhnya.

Bab III
Kesimpulan, dan Saran

3.1 Kesimpulan

            Pada dasarnya para player menikmati game karena mereka ingin terbebas untuk beberapa saat dari beban yang mereka hadapi di dunia nyata sehingga mereka bermain game dan memasuki dunia maya untuk me-refresh otak mereka dari masalah-masalah yang ada. Sebenarnya tidak salah mereka bermain game online hanya saja jangan lah bermain secara berlebih karena dapat merusak system-system organ tubuh terutama otak. Sebenarnya orang tua  memiliki peran penting untuk belajar membimbing anak-anaknya kembali belajar.   

3.2 Saran
  
Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan, kami sarankan :
a.      Sadarilah bahwa game secara tidak langsung mempengaruhi proses belajar dan masa depan.
b.      Hati-hati dengan radiasi media visual video game
c.      Masih banyak hal positif yang bisa dilakukan sebagai hiburan selain bermain video   game misalnya main bola, atau permainan tradisional seperti gobak sodor, galah, dsb.
d.      Kalaupun hendak bermain game, kendalikan waktu bermain dan jenis permainan. Pilihlah jenis permainan yang edukatif dan melatih kemampuan berpikir.
e.      Berpikirlah dua kali ketika ingin bermain game online tetapi tidak mempunyai uang, janganlah melakukan berbuat kejahatan (seperti mencuri) hanya untuk bermain game online.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel