Makam Datuk Ibrahim Banyuwangi

Makam Datuk Ibrahim Banyuwangi
Share
Banyuwangi dan situbondo punya banyak aset wisata religi. Salah satu tujuan wisata religi yang populer di Banyuwangi adalah makam Waliyullah syekh abdurrahim bin abu bakar bbin Abdurrahman atau yang akrab di sebut Datuk ibrahim. Dalam setahun, pengunjung kira-kira mencapai 36 ribu peziarah.

Ribuan penziarah dari berbagai daerah datang silih berganti ke makam salah satu penyebar agama islam di bumi blambangan ini. Dalam catatan juru kunci,makam datuk ibrahim tersebut tidak hanya di kunjungi oleh masyarakat biasa.Namun,kalangan pejabat sipil maupun militer sering datang mengunjungi makam tokoh yang meninggal dunia pada tahun 1876 itu. Juru kunci di makam Datuk Ibrahim ini adalah Habib Kadir.

Bupati Ratna Ani lestari tercatat telah berkumjumg ke makam datuk ibrahim sebanyak tiga kali.Pertama kali di lakukan sebelum di lantik menjadi bupati.Kunjungan kedua kalinya dilakukan beberapa tahun silam.Yang ketiga kalinya dilakukan pada tahun 2009 ini. Tidak hanya Ratna, beberapa bupati sebelumnya juga sering berziarah ke makam tersebut. Selain kalangan pejabat,kalangan pengusaha dan pebisnis juga banyak datang.mereka rata-rata memanjatkan doa agar bisnis yang di jalaninya berjalan lancar.

2 Responses to "Makam Datuk Ibrahim Banyuwangi"

  1. oke juga ni kang fahrul infonya.........
    ini aku lagi nyari sejarahnya Suro Ganti dari Lateng Rogojampi menowo sampean tahu sejarahnya....
    makasih ya....
    tolong kompirmasi kalo dah ketemu

    ReplyDelete
  2. Maaf baru balas Kang Mustain.
    Dia adalah Suronganti sebenernya punya peran dalam perang puputan Bayu... dia dimakamkan di kawasan Lateng Rogojampi... dulu dikeramatkan karena dianggap sakti dan berperan dalam perang.
    kalo Menak jinggo iitu tahun 1500-an kalo Suronganti ini sekitar Tahun 1770-an.... BTW, perang puputan Bayu ini semasa dengan perang Kemerdekaan Amerika Serikat (independence day 4 Juli 1776).

    Ini ada fotonya.
    http://album.banyuwangikab.go.id/sejarah/Makam+Surongganti+di+Lateng+Rgj.JPG.html

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel