EMPAT KHALIFAH ISLAM

EMPAT KHALIFAH ISLAM
Share

  1. Khalifah Abu Bakar

Pada waktu kecil namanya adalah Abdul Kaba. Setelah dewasa ia sering dipanggil Abu Bakar, artinya Bapaknya Bakar. Setelah masuk islam, Abu Bakar digelari Ash Shidik, artinya yang membenarkan karena beliau terkenal sebagai orang yang sering membenarkan ucapan serta tingkah laku Nabi Muhammad saw.

Abu Bakar Shidik terkenal sebagai orang bijaksana, pemurah, tegas dalam menjakankan hukum Allah dan sunah rasul. Beliau adalah saudagar yang berhasil dan berhati dermawan. Kekayaannya dihabiskan di jalan Allah untuk membela agama Allah. Ia memegang pemerintahan selama dua tahun yitu tahun 11 sampai 13 Hijriah atau tahun 632 sampai 634. Dalam waktu yang sesingkat itu, ia berhasil meluaskan pengaruh Islam sampai ke Arab Utara dan AFRIKA Utara, termasuk menghadapi tentara Romawi Timur. Beliau sangat berjasa dalam mengumpulkan ayat-ayat suci Al Qur’an menjadi sebuah mushaf.

Abu Bakar adalah orang pertama yang mengakui atau percaya atas kenabian Muhammad saw. di antara tiga sahabat lainnya. Sejak muda Abu Bakar telah bersahabat dengan Nabi Muhammad saw. Di antara keempat khalifah yang termasuk khulafaur Rasyidin hanya Khalifah Abu Bakar Shiddik yang wafat karena sakit ketika berusia lanjut.

  1. Khalifah Umar bin Khattab

Umar merupakan pengganti Abu Bakar Shiddik. Ketika masih berkehidupanpada zaman Jahiliah, ia sudah dikenal sebagai musuh Islam paling berani. Tetapi, setelah memeluk agama Islam ia menjadi seorang pahlawan dan pembela Islam yang gagah berani. Jasa-jasa Umar bin Khattab tidak sedikit untuk memajukan umat Islam. Dialah yang mula-mula mengadakan penghitungan tahun Hijriah. Dia mendirikan jawatan-jawatan pemerintah, mendirikan Baitul Mal/kas Negara, membentuk angkatan perang yang teratur dan pengaturan gaji pegawai.

Dalam pemerintahannya selama 10 tahun, Umar bin khattab berhasil membangun negara Islam yang wilayahnya meliputi Jazirah Arab, Afrika Utara, Syria, Irak dan Persia. Beliau wafat karena terbunuh.

  1. Khalifah Umar bin Affan

Pengganti khalifah Umar bin Khattab adalah Usman bin Affan. Beliau memerintah selama 12 tahun yaitu dari tahun 23 sampai 35 Hijriah atau tahun 644 sampai 656. Dalam pemerintahannya, ternyata hanya beberpa tahun saja berjalan dengan baik. Selanjutnya dalam pemerintahannya selalu dilanda kekacauan. Hal ini diakibatkan beliau terlalu banyak mengangkat para pejabat tinggi yang berasal dari kaumnya sendiri, yakni Bani Umayah. Tentu saja hal ini mengundang ketidakpuasan rakyat. Akhir hayatnya sungguh mengenaskan. Beliau dibunuh orang jahat yang tidak dikenal.

Jasa-jasa Usman bin Affan dalam membangun dan menyebarkan agama Islam tidak boleh dikesampingkan begitu saja. Dia vberhasil menyusun Al Qur’an seperti yang kita rasakan dan lihat sekarang berdasarkan surat per surat. Kemudian untuk menyebarkan agama Islam, Al Qur’an itu ditulis lebih banyak dan disebarkan ke setiap negara terutam Negara taklukan.

  1. Khalifah Ali bin Abi Thalib

Sepeninggal Usman bin Affan, maka Ali bin Abi Thalib diangkat sebagai Khalifah. Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim adalah keponakan Nabi Muhammad saw. Kehidupannya sejak kecil termasuk sangat sederhana. Pekerjaan beliau apabila tidak terjadi perang ialah berkebun. Setelah dewasa, ia menikah dengan putrid Nabi Muhammad saw, yaitu Siti Fatimah. Dari perkawinannya dengan Siti Fatimah, ia memperoleh dua orang putra, sesuai dengan doanya. Setiap terjadi perang, Ali bin Thalib selalu ikut mendampingi Nabi Muhammad saw. Dan kehidupan rumah tangganya selalu mencontoh Nabi Muhammad saw.

Ia menghadapi berbagai kesulitan. Kekacauan sering melanda di setiap negeri. Golongan tertentu bermunculan. Keadaan lebih kacau lagi ketika Muawiyah tidak mengakui Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah. Selama 5 tahun khlaifah Ali bin Abi Thalib berusaha menenteramkan keadaan, tetapi sia-sia. Bahkan pada akhirnya beliau meninggal terbunuh dengan mengenaskan.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel