[Resensi Buku] Sutan Sjahrir : Negarawan Humanis, Demokrat Sejati yang Mendahui Zamannya

[Resensi Buku] Sutan Sjahrir : Negarawan Humanis, Demokrat Sejati yang Mendahui Zamannya
Share
Excellent Education - Perjalanan hidup Sutan Sjahrir sangat unik sekaligus mengenaskan. Seorang pemikir yang mendahului zamannya, yang memandang politik bukan sebagai proyek, tetapi kehidupan itu sendiri. Ia seorang demokrat sejati dan pejuang kemanusiaan yang berpandangan bahwa nasionalisme harus tunduk pada kepentingan demokrasi. Tanpa demokrasi nasionalisme akan kembali bersekutu dengan feodalisme yang mengarah fasisme. 

Maka, lahirlah apa yang dinamakannya sebagai sosialisme-demokrasi atau sosialisme kerakyatan. Kunci sosialisme kerakyatan adalah ”kemanusiaan”. Menurut Sjahrir, kemanusiaan ialah kepercayaan pada persamaan, keadilan, kerja sama sesama manusia.

Rosihan Anwar menulis sosok Sutan Sjahrir dengan gaya yang khas dan sangat ”hidup”. Sebagai saksi sejarah, Rosihan Anwar mengalami sendiri, berperan aktif sebagai wartawan, dan menyaksikan Sutan Sjahrir sebagai politikus bahkan setelah Sjahrir tidak berada lagi di tengah pergumulan politik di tahun 1950-an. 

Rosihan Anwar menyusun sosok Sjahrir dengan gaya sebuah drama, lengkap dengan premis atau tema, gagasan sentral, dan tujuan. Premis ”lakon Sjahrir” yang dirumuskannya berbunyi: ”Cita-cita luhur membawa kepada maut, tapi juga harapan”. Dalam buku ini kehidupan Sjahrir digambarkan pula secara visual melalui lebih dari seratus foto, yang sebagian belum pernah dipublikasikan.

JudulSutan Sjahrir : Negarawan Humanis, Demokrat Sejati yang Mendahui Zamannya  
No. ISBN9789797095697 
PenulisRosihan Anwar 
PenerbitKompas 
Tanggal terbitMei - 2011 
Jumlah Halaman228 
Berat Buku-
Jenis CoverSoft Cover 
Dimensi(L x P)140x210mm
KategoriBiografi 
Bonus
Text BahasaIndonesia ··

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel