Manajemen Limbah Mikrobiologi yang Tepat

Manajemen Limbah Mikrobiologi yang Tepat
Share
Excellent Education - Semua limbah yang terkontaminasi mikrobiologi dan yang berpotensi terkontaminasi harus dibuat aman dengan salah satu metode yang tepat untuk pembuangan dibawah ini :

1. Limbah Cairan

Limbah cairan yang terkontaminasi mikrobiologi harus ditangani dengan autoclaving terlebih dahulu kemudian dibuang ke saluran pipa buangan. Metode disinfeksi yang tepat mungkin harus dipakai pada kasus dimana autoclave tidak bisa dipakai. Notol dan vessel lainnya yang mengandung cairan untuk autoclaving tidak boleh ditutup terlalu ketat.

2. Limbah Padat

Seluruh material terkontaminasi atau yang berpotensi terkontaminasi dari lab, termasuk bahan pecah-belah, harus terlebih dahulu di-autoclave kemudian dibuang. Kantong autoclave atau tas autoclave harus digunakan dalam pentransferan material limbah untuk proses autoclave. Material harus dihancurkan “secara kecil dan berkala” dibanding pencurahan dalam skala besar.

Material limbah harus ditempatkan dalam container terpisah, yang bisa diidentifikasi, ditutup dengan perekat autoclave dan aman bagi pengangkut atau operator autoclave/mesin pembakar untuk penanganan sebelum dan sesudah container telah diatuoclave. Material ini tidak boleh dibuka sebelum proses autoclave selesai. Setiap instruksi penting bagi operator dari autoclave atau mesin pembakar harus ditulis secara jelas pada kontanier dan setiap kontainer harus diberi label secara jelas sehingga operator autoclave bisa menentukan kontainer yang tepat, misal dengan nomer lab dan inisial pekerja yang telah mengirim kontainer untuk proses autoclave.

Tas yang digunakan untuk autoclaving harus ditutup dan ditandai dengan perekat autoclave. Perhatian harus diberikan untuk sejumlah cairan yang mungkin akan dilepaskan dari bahan pada tekanan 1260C/20lb dan untuk uap terkondensasi yang terbentuk pada saat autoclave. Artikel nitrat selulosa seperti tabung sentrifugal tidak boleh diautoclave. Semua material limbah dari lab pertahanan level3 harus di-autoclave terlebih dahulu sebelum dibuang. Kantong autoclave dan kontainer benda ‘tajam’ dari area tersebut harus didisinfeksi permukaannya terlebih dahulu sebelum disimpan. Autoclave dan mesin pembakar harus dioperasikan hanya oleh staff terlatih. Metode keamanan yang lain harus dipakai setelah konsultasi bersama supervisor atau manajer.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel