7 Rahasia Keutamaan Shalat Dhuha

7 Rahasia Keutamaan Shalat Dhuha
Share
Excellent Education - Banyak penjelasan para ulama, bahkan keterangan Rasulullah saw, yang mengungkapkan rahasia keutamaan shalat Dhuha. Namun, bagaimanapun juga, hal penting yang harus selalu kita camkan adalah bahwa penjelasan atau keterangan-keterangan itu tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi lebih dari itu untuk memotivasi dalam shalat Dhuha:

1. Shalat Dhuha memiliki nilai seperti nilai amalan sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita dan orang yang melaksanakannya akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu. Rasulullah saw, bersabda: “Disetiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu”

2. Shalat Dhuha seseorang diawal hari menjanjikan tercukupinya kebutuhan orang tersebut di akhir hari. Shalat Dhuha adalah shalat permohonan rizki. Hal ini antara lain ditunjukan oleh ketentuan waktu pelaksanaan dan do’a yang dibaca setelah pelaksanaan shalat tersebut. Di samping itu, Allah juga berjanji pada setiap mukmin yang tekun melaksanakan shalat Dhuha untuk mencukupi apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya kebutuhannya disore atau diakhir hari. Dengan janji-Nya itu, Allah bermaksud memberikan balasan dan imbalan atas kesediaan hamba-Nya untuk mengingat diri-Nya di waktu Dhuha dengan memenuhi apa-apa yang menjadi kebutuhan dia sepanjang hari itu. Janji Allah tersebut dapat ditemukan dalam sebuah hadist qudsi. Rasulullah saw. Bersabda: “Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu
disore harimu”

3. Shalat Dhuha bisa membuat orang yang melaksanakannya (atas izin Allah) meraih keuntungan (Ghanimah) dengan cepat. Rasulullah saw. Membandingkan orang-orang mukmin yang melaksanakan shalat Dhuha dengan mujahid yang berangkat bertempur ke medan perang yang berjarak dekat dengan tampat tinggal mereka lalu kembali lagi dengan cepat ke kampong halaman mereka seraya membawa ghanimah (rampsan perang) yang banyak dan tentunya kemengan. Bahkan, menurut Rasulullah, keuntungan yang akan diperoleh oelh mereka yang melaksanakan shalat Dhuha akan berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang bisa diperoleh oleh para mujahid itu lihatlah sabda Rasulullah saw tentang hal ini sebagai iming-iming bagi para sahabat agar mereka tidak malas mengerjakan shalat Dhuha. Rasulullah saw mengirim sebuah pasukan perang. Nabi saw bersabda: “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan)nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya”

4. Orang yang bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan shalat Dhuha 12 rekaat akan diberi ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak diakhirat. Hal ini terungkap dari keterangan Rasulullah saw, yang didengar oleh Anas bin Malik: Anas bin Malik ra. Berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah saw, bersabda, : Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga’ (HR. Ibnu Majah)

5. Orang yang melaksanakan shalat Dhuha mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”

6. Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang senang melakukannya walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadist Rasulullah saw, tentang hal ini: Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

7. Keutamaan lain yang disediakan Allah bagi orang yang merutinkan shalat Dhuha adalah bahwa dia akan dibuatkan pintu khusus di surga kelak, yakni pintu yang dinamakan pintu Dhuha.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel