Tips Memilih Program Studi untuk Optimalisasi Pengembangan Diri Siswa

Tips Memilih Program Studi untuk Optimalisasi Pengembangan Diri Siswa
Share
Masih banyak siswa yang memilih program studi sekadar mengikuti pilihan orang tua ataupun bujuk rayuan teman. Agar tak salah pilih, berikut ini tips memilih program studi agar siswa bisa mengembangkan dirinya secara optimal:
 
  • Eksplorasi semua program studi sesuai dengan minat dan bakat karena bisa jadi itulah yang akan mengantarkan Anda menuju kesuksesan.
  • Bertanyalah pada orang-orang di sekeliling kita tentang berbagai pilihan program studi. Semakin banyak referensi, semakin banyak alternatif program studi untuk mendukung pencapaian impian Anda. Tapi ingat, pendapat orang lain boleh Anda tampung, tapi keputusan tetap didasarkan pada pikiran dan suara hati Anda.
  • Gali lebih dalam lagi informasi program studi yang akan dipilih, kemudian analisa kembali apakah pilihan itu dapat membuat Anda senang dan mampu mengantarkan Anda pada kesuksesan.
  • Setiap orang pasti memiliki keunikan yang mampu membuatnya percaya diri dengan keunikan tersebut. Carilah program studi yang bisa mendukung dan memberikan kesempatan bakat unik Anda untuk berkembang.
  • Jika belum menemukan minat dan bakat yang tepat, jangan putus asa. Gali terus potensi diri Anda hingga menemukan manakah yang terbaik untuk Anda di masa depan.
  • Fungsi pendidikan di sekolah hanyalah perantara untuk mempercepat atau mengembangkan potensi diri Anda. Jadi, diri Anda sendirilah yang mengetahui apa yang terbaik untuk Anda di masa depan.
  • Bila sudah terlanjur mengambil sebuah program studi dan kemudian merasa tidak nyaman, jangan langsung menilai pilihan Anda tidak tepat. Cobalah beradaptasi. Siapa tahu, justru disanalah bakat Anda akan muncul dan menjadi sesuatu yang luar biasa.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel