7 Cara Atasi Lelah Ketika Merawat Bayi

7 Cara Atasi Lelah Ketika Merawat Bayi
Share
1. Perhatikan Kondisi Fisik Anda
Pertama yang harus Anda lakukan adalah konsultasi kepada dokter untuk mengetahui kondisi fisik sebenarnya. Banyak wanita yang mengalami kelelahan karena merasa depresi. Dengan konsultasi Anda akan tahu penyebab rasa lelah yang dirasakan selama ini.

2. Sarapan dengan Makan Bergizi
Walaupun Anda sibuk memenuhi kebutuhan si kecil, tetapi Anda tidak boleh melewatkan sarapan. Sarapan yang sehat akan bantu tubuh menjaga gula darah tetap stabil. Seorang peneliti Cardiff University di Inggris menemukan fakta bahwa, sarapan akan membantu Anda mengontrol hormon stres dan kortisol, yang secara tidak langsung akan membantu menjaga berat badan Anda. Konsumsi oatmeal atau roti gandung yang ditambah dengan buah-buahan segar akan sangat membantu.

3. Sediakan Makanan Sehat
Gantilah keripik kentang, kue-kue kering, dan makanan berlemak lainnya dengan makanan yang kaya akan serat. Penuhi kulkas Anda dengan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, sereal sehat, susu dan yougurt rendah lemak serta kacang-kacangan. Selain baik bagi percernaan, makanan tersebut juga bisa menjadi penambah energi Anda.

4. Rutinlah Mengkonsumsi Kudapan Setiap Hari
Saat bersama si kecil Anda mungkin tidak sempat untuk makan tepat waktu. Usahakan Anda untuk tetap konsumsi kudapan sehat setiap empat jam sekali bila tidak sempat makan siang atau makan malam. Ini akan membantu gula darah Anda tetap stabil sehingga akan membuat tubuh terasa fit sepanjang hari.

5. Hindari Makanan Ringan yang Mengandung Gula atau Lemak Tinggi
Makanan ringan bergula atau berlemak tinggi seperti permen, biskuit, dan keripik kentang dapat memberikan dorongan energi. Namun, itu hanya untuk sementara saja, setelah itu Anda akan merasa lebih lelah dari sebelumnya. Berikan energi pada tubuh dengan mengkonsumsi almond, kismis, buah, atau yogurt yang mengandung protein sehat.

6. Tidurlah Bersama Si Kecil
Pasca melahirkan Anda memerlukan istirahat sebanyak mungkin, dan itu tidak bisa dilakukan bila sang buah hati sedang bangun. Jadi tidurlah bersama si kecil, lupakan tugas rumah sementara waktu. Dengan begini Anda akan memiliki energi ketika harus bangun untuk menyusuinya ditengah malam.

7. Biarkan Suami Membantu Anda
Anda dan suami merupakan tim yang saling melengkapi. Tidak ada salahnya sesekali ia menggantikan Anda memberi makanan kepada si kecil. Simpanlah ASI di kulkas yang sebelumnya telah dipompa dan biarkan suami mengambil alih tugas Anda sementara waktu. Atau bila benar-benar merasa lelah, mintalah bantuan kepada orang terdekat misalnya ibu, kakak atau adik untuk datang dan membantu Anda beberapa saat.

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel