5 Pelajaran dari Kisah Nabi Yunus

5 Pelajaran dari Kisah Nabi Yunus
Share
Pelajaran: 
 
1.   Dalam kisah ini Allah menegur Nabi Yunus   A.S. dengan cara menahannya di dalam perut seekor ikan sebagai  kaffarah nya (tebusan atas kesalahanny a) sekaligus sebagai tanda kekuasaan Allah yang sangat besar dan karomah ( mukjizat) nabi Yunus. 

2.   Termasuk nikmat pula dari Allah kepada Nabi Yunus adalah diterima dakwahnya oleh penduduk negerinya yang berjumlah lebih dari 100.000 orang. 

3.   Diperbolehkannya melakukan undian (bukan  Judi) ketika menghadapi persoalah yang musykil, mengenai siapa yang berhak atau tidak terhadap suatu perkara. Menunjukkan suatu kaidah yang dikenal, yaitu mengambil kemudhorotan yang lebih ringan untuk menolak kerusakan yang lebih besar. 

4.   Seorang hamba apabila dia memiliki hubungan yang baik dengan Rabbnya, dan selalu beramal shalih ketika dalam keadaan senang, Allah akan mengingatnya pula ketika dia dalam keadaan kesulitan. Yakni melepaskannya  dari kesulitan itu atau meringankan keadaannya. Allah berfirman dalam kait annya dengan kisah nabi Yunus ini:

Maka sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (Q.S. Ash Shaffat: 143 – 144) Sabda Nabi SAW: 

Doa saudaraku Dzin Nun (Nabi Yunus). Tidaklah seseorang yang dalam kesulitan, lalu berdoa dengan doa ini melainkan Allah akan melepaskan dia dari kesulitan itu, yaitu:  Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minadh dhaalimiin Tidak ada ilah melainkan Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dhalim. (HR. At Tirmidzi dan An Nasai dari Sa’d bin Abi Waqqash) 

5.   Iman itu menyelamatkan pemiliknya dari ke takutan dan kesulitan, sebagaimana firman
Allah:
Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.  (Q.S. Al Anbiya: 88)

0 Response

Post a Comment

Silahkan berkomentar mengenai posting di atas. Terima kasih telah mengunjungi Excellent Education. Semoga Bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel